RUMAH SEPANGGUNG

Lembaga Kreativitas Anak Indonesia

-Pergulatan Idealisme & Realita-
oleh : Iwang Sadewa


Dewasa ini Lembaga Budaya memiliki momentum perkembangan yang signifikan baik yang berbentuk Lembaga Swadaya masyarakat/LSM, Pagguyuban,Organisasi,Lembaga & lain sebagainya. Lembaga Budaya merupakan lembaga publik yang ada dalam suatu negara yang turut berperan aktif dalam pengembangan seni budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan dan pendidikan dalam masyarakat.
Narasumber NGOPINI (Ngobrol & Opini)=> Gatot Juwito,S.Sn, Tatan Daniel,S.Sos, Faisal,SH, Ali Pase, Ali Imron, SE,M
Johan P Malay - Ketua Umum & Penggagas RUMAH SEPANGGUNG
 
Dibelahan Timur Ibukota ketika  senja mulai beranjak pergi berganti malam,  tepatnya hari Senin,22 Januari 2018 dibawah rumah panggung besar Anjungan Bengkulu Taman Mini Indonesia Indah telah lahir dan dideklarasikan sebuah lembaga berlebel 'RUMAH SEPANGGUNG" yang berfokus pada kegiatan anak dan remaja dengan misi Pelestarian dan Pengembangan Seni Budaya. 
Ngopini Mas Febby Machusa & Mas Ge
RUMAH SEPANGGUNG sebagai elemen masyarakat yang relatif memiliki perhatian dan kepedulian terhadap eksistensi dan kelangsungan Seni & Budaya Nusantara. Melalui Deklarasi dan dilanjutkan dengan Diskusi Budaya bertajuk "NGOPINI" Ngobrol & Opini sebagai ajang refleksi diri karena melalui diskusi akan terlahir ide-ide besar yang dapat menjadi embrio untuk melaksanakan program dan kegiatan. 

Ketika distorsi nilai dalam arus Globalisasi Tekhnologi (Gadget Invasion) yang telah menghimpit ruang gerak, menyusupkan budaya baru ditengah masyarakat forum "Diskusi Budaya"  merupakan interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih yang kontennya adalah pemikiran & argumen-argumen rasional dalam memaparkan pemikiran-pemikiran positif adalah forum yang sudah mulai langka di jumpai saat ini. Eksistensi Lembaga Budaya yang dapat menciptakan media atau ruang-ruang kreatifitas sebagai jati diri bangsa  sangat di perlukan guna mengcounter  Buadaya anak negeri yang kian tergilas,rentan punah dan terpinggirkan sebagai dampak globalisasi yang menggila.
NOPINI : Mas Getuk & Pak Tatan
Tekhnologi yang telah mendikte secara tidak langsung berdampak pada pergeseran budaya bangsa warisan leluhur. Dibutuhkan generasi kedepan yang tangguh yang memiliki jatidiri dan kesadaran akan kebudayaan orisinalitas sebagai jatidiri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar.
Seni budaya ataupun kebudayaan dibagi menjadi tiga partisi besar diantaranya : Gagasan, Kreatifitas, Artefak. 
*Gagasan : merupakan ide yang dihasilkan melalui proses berpikir masyarakat.
*Kreatifitas : Tindakan untuk mewujudkan  ide-ide yang telah dirumuskan.
*Artefak : adalah wujudnya/hasil karya yang dapat dilihat atau didokumentasikan
Output tiga bagan besar ini  dapat kita temukan dan lahir melalui proses berpikir kreatif salah satunya dalam Diskusi Budaya dalam lembaga-lembaga kesenian budaya.
Moderator : Joe MIRSHAL

Dengan Lahirnya Lembaga RUMAH SEPANGGUNG diharapkan menjadi media yang berperan aktif dalam menumbuh kembangkan seni budaya daerah sehingga terhindar dari kepunahan. 
PARA DEKLARATOR rumah sepanggung

Diskusi Budaya

Selamat & Sukses Kepada sahabat-sahabat RUMAH SEPANGGUNG sebagai Lembaga Kreatifitas Anak Indonesia semoga tetap selalu menjunjung kepedulian terhadap masa depan anak negeri.



Salam Budaya,
Iwang Sadewa
Dept. Bidang Humas & Promo

Comments

Popular Posts