BASIC FRAMING DIGITAL CAMERA - (Frame Camera)


BASIC FRAMING DIGITAL CAMERA - (Frame Kamera)


“Ciptakan Karya Audio Visual yang Keren & Bermanfaat.....Ayooo Berkarya!!!“

Karya Audio-Visual adalah karya cipta & kreasi seni budaya yang indah, memiliki fungsi sebagai media komunikasi masa dan sarana efektif dalam penyebarluasan informasi yang dibuat berdasarkan kaidah-kaidah sinematografi. Karya audio visual sebagai produk budaya juga berguna sebagai media pendidikan, hiburan, informasi & edukasi.

Pembuatan karya audio visual dalam hal ini Film, Iklan (tvc), Film Dokumenter, Profile Company, Iklan Layanan masyarakat (psa), video klip dll, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesioanal di bidangnya sehingga dapat menciptakan karya-karya yang berkualitas yang dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak dan memiliki pesan moral yang kuat dalam rangka pembangunan karakter bangsa.
Dalam hal ini Penulis ingin berbagi tentang pengalaman & pengetahuan yang dimiliki kepada para pembaca dan masyarakat  dengan cita-cita meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang karya audio visual yang berbasis masyarakat khususnya generasi muda agar dapat bersaing dan berkontribusi dalam era pasar global.

“Ayooo berkarya!!! Keterbatasan alat jangan membelenggu  kita untuk berhenti berkarya, semangat yang tinggi & memaksimalkan alat serta ide  apa yang kita miliki adalah kekuatan besar untuk bisa maju dalam berkarya.” 
-iwang sadewa-

Semoga peran serta lingkungan masyarakat & orang tua ikut ambil bagian mendukung setiap langkah pengembangan minat  & potensi buah hatinya hingga dapat terarah sesuai tujuan dalam menentukan cita-citanya.

Salaam........semangat INDIE'


Iwang Sadewa 





CAMERA FRAMING (Frame Kamera)

MEMILAH SHOOT

          Bagaimana memilah  dan membagi sebuah scene menjadi beberapa frame (shot) yang menunjang  informasi ?
          Sebuah  scene terkadang sulit untuk disampaikan dalam bentuk  Full Roll / shot continues  sehingga diperlukan editing  (apakah untuk alasan  untuk  keindahan gambar, efisiensi waktu ,atau menggambarkan kejadian di tempat lain di waktu yg sama  dll. Maka dibuatlah dekopase  dalam bentuk Main frame, insert shot,reaksi,  cutaways dll.  


CAMERA FRAMING (FRAME KAMERA)
Rule Of thirds (taste of balance)










Contoh Gambar 1- 4


SET UP YOUR FRAME
contoh gambar - framing

¡  Majority shoot
¡  Extreme shoot
¡  Dramatic  (over the shoulder, profile ,point of views )
¡  Special treatment set up (Action / fighting /
 chasing  scene , handheld etc) 









Frame and size shot



          Frame /size shot adalah besarnya ukuran object yang terekam sesuai diinginkan oleh seorang sutradara dengan suatu maksud / penekanan . (misalnya  keindahan, emosi, keakraban dll)   




Lens Size (Ukuran Lensa)

¡  Lensa Fixed terdiri dari beberapa ukuran. Semakin kecil angka yg ditunjukan, semakin luas gambar yang diambilnya (wide) . Semakin besar angkanya, semakin besar / tele gambar yang dihasilkannya.

Lens Size

Deep of field (Kedalaman)
¡  Deep of field atau DOF adalah daerah focus yang ditentukan oleh besaran buka F dan  lensa, semakin lebar lensa (misal 18)  semakin luas daerah fokus . Trend yang berkembang sekarang adalah menggunakan lensa sempit (tele) sehingga didpat object focus dengan blur di belakang (bokeh) 








Camera Angle
(Sudut Pengambilan  Kamera)


contoh shot angel

CAMERA ANGEL

          Definisi Camera angle  adalah peletakan camera pada sudut tertentu dengan maksud tertentu (misal megah, indah, ketegangan dll) 




180 Degree Rule (peraturan 180 derajat / garis imajiner)

  •  Definisi 180 derajat / garis imajiner adalah sebuah peraturan yang mencegah gambar close up dua orang yang sedang bicara dapat diedit dengan arah yang benar



contoh gambar



Narative shot (percakapan)
contoh gambar



Camera Movement (Pergerakan Camera)

 Camera pan (pan left and pan right)
¡  Definisi camera panning adalah  gerakan kamera dengan mengarahkan lensa ( dari satu titik )ke kanan atau kiri (ke titik yang lain) /Horizontal

contoh gambar - camera pan L/R

Camera tilt (tilt up and tilt down)
¡  Definisi camera tilt adalah  gerakan kamera dengan mengarahkan lensa ( dari satu titik )atas keatas atau ke bawah(ke titik yang lain) /vertical

contoh camera tilt U/D


Zoom in and Zoom Out
¡  Definisi Zooming adalah memperbesar (dengan cara optis)  sebuah object yang menjadi perhatian (vocal point)
¡  Terminology yang digunakan ZOOM IN = Mendekati dan ZOOM OUT= Menjauhi 


contoh camera zoom in-out


Dolly Shot
¡  Definisi Camera Dolly : pergerakan kamera (camera movement ) yang mewakili arah pandang dengan mengikuti obyek. Biasanya kamera tersebut diletakan dalam sebuah kereta (cart) yang memiliki jalur (track/ rail) tersendiri . Yang termasuk alat dalam dolly shoot adalah Dolly track dan sliders, atau Steadycam

¡  Terminology yg lain untuk jenis shoot ini adalah TRACK SHOT     



contoh camera track, steadycam, sliders







Lubang Buaya 160816-keramat 3J no.51
sumber : materi bootcame edumovie-panenpadi, om hengkychrist, iwangsadewa



Comments

Popular Posts