SUTRADARA (Director) - Peran & Tugasnya dalam Produksi Film

Sutradara (Director)
Peran & Tugasnya dalam Produksi Flm


gb. director mengarahkan pemain
Film merupakan sebuah karya  seni berbentuk audio visual hasil kreatifitas manusia. Berbagi element seni terdapat dalam proses pembuatan film. Saat ini banyak film-film bagus dan berkualitas yang beredar di sinema dan bioskop-bioskop, baik film Hollywood, film Asia maupun flm di ndonesia. Untuk membuat sebuah karya film tentunya dibutuhkan tim produksi yang solid. Tim ini nantinya terdiri dari masing-masing crew dengan tugas job description masing-masing. Beberapa peran kru dalam produksi film antara lain sebagai produser, Pmpnan produksi, Unit Manager, editor, kameraman, penata lampu, penata artstik, penata musik, penata rias, penata kostum hingga driver dan PU (Pembantu Umum). Semuanya memiliki tugas masing-masing yang harus dilaksanakan agar film yang garap bisa sesuai dengan konsep yang direncanakan.




gb. director mengatur adegan di sett

gb. sett studo by : iwang sadewa

Dalam tim produksi, kru yang memegang tanggungjawab cukup besar yaitu director atau sutradara. Sutradara merupakan orang yang bertanggung jawab dalam sett produksi. Ia dituntut untuk kreatif dalam bidang sinematografi agar bisa menghasilkan visualisasi film yang bagus dari skenario dan naskah yang sebelumnya telah dibuat. Sutradara juga harus pintar-pintar dalam mengarahkan aktor yang berakting hingga dapat menghasilkan adegan yang bagus dalam film. Berikut akan kami tampilkan pengertian dan tugas tugas apa saja yang harus dilakukan sutradara dalam proses produksi film.



Siapa sih SUTRADARA – director ?

Dalam bidang proses pembuatan film, sutradara adalah seorang pembuat film –movie maker- adalah orang yang bertanggung jawab dalam proses produks film, mulai menggagas konsep flm, ,mengarahkan talent/pemain hingga mengambil adegan dan shoot yang diperlukan. Dalam bahasa Inggris, sutradara disebut dengan director. Peran sutradara sangat penting dan besar dalam proses produksi film atau movie. Sutradara juga menentukan keberhasilan produksi film. Sutradara bertugas mengarahkan film sesuai dengan skenario yang telah dibuat. 

Dalam hal ini, sutradara bekerjasama dengan kru-kru lain seperti produser film atau penulis skenario. Sutradara lalu merekam adegan sesuai dengan skenario dan naskah dengan mempertimbangkan efek seni kreatif dan drama, baik audio maupun visual. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya.

 
gb. persapan shoot by: iwang sadewa




 JOBDESC SUTRADARA (Director)

Sutradara merupakan orang yang paling berkuasa dalam sett lokasi shooting film. Ia juga memiliki tugas tugas yang dimiliki mulai saat proses pra produksi, proses produksi hingga proses pasca produksi.
  • Mempelajari skenario, mulai dari membaca dan memahami untuk kemudian divisualisasikan dalam bentuk adegan dan scene.
    gb. mengatur scene yg akan dambil
  • Memilih kru yang akan digunakan dalam proses pengerjaan film dengan dibantu produser.
  • Melakukan casting film untuk memilih aktor dan aktris yang akan bermain, dengan bantuan asisten sutradara dan casting director.
  • Melakukan pengerjaan rehearsal yaitu melakukan pembahasan bersama bersama aktor dan aktris untuk menyampaikan visi dan misi film tersebut.
  • Mencari tempat lokasi shooting (hunting) dengan bantuan kru-kru lain.
    gb. mereview hasil hunting
  • Memberi pengarahan dan input terhadap tiap aktor dan aktris agar menjiwai peran sesuai dengan skenario dan naskah yang telah dibuat.
    gb. mengarahkan adegan
  • Mengambil keputusan secara cepat jika ada kendala saat proses shooting.
  • Memimpin jalannya shooting pengambilan adegan.
    gb. mengecek kesiapan sett
  • Menentukan adegan-adegan yang akan dilakukan.
  • Melakukan evaluasi materi editing yang telah dikerjana oleh editor dan mixing.
 
gb.1.  director menentukan shoot yg akan diambil


gb.2 director menentukan shoot yg akan diambil


Seorang Sutradara dalam proses produksi film, baik saat proses pra produksi, proses produksi hingga proses pasca produksi. Sutradara tentu dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengarahkan film agar bisa menghasilkan sebuah karya yang berkualitas dan bagus untuk ditonton. 



smoga bermanfaat - Salam Smangat - INDIE

thank's to : karnos film & rekan-rekan atas ruang & ilmu yg diberikan pada ku

Comments

Post a Comment

Popular Posts